Di Balik Motif Busur Ardhadhedhali Sarung Kanjeng

Dalam perkembangannya, Sarung Kanjeng terus memproduksi motif-motif baru. Beberapa di antaranya, terinspirasi dari motif yang sudah lebih dulu dirilis. Salah satu pengembangan motif dari motif lama yakni Busur Ardhadhedhali.

Tentu sudah bisa ditebak bahwa motif Busur Ardhadhedhali merupakan motif pengembangan dari motif Ardhadhedhali (sedulur Kanjeng bisa membaca detail mengenai filosofi motif Ardhadhedhali pada postingan ini).

Kami menambahkan unsur busur panah pada motif ini. Serta hanya meletakkan dua motif pada bagian bawah depan saat sarung dikenakan. Kedua panah busur Ardhadhedhali ini nampak saling bertemu di bagian depan saat sarung dipakai.

Sarung batik Pekalongan dengan motif Busur Ardhadhedhali ini secara inti makna, tentu saja masih sama seperti motif Ardhadhedhali.


Penambahan busur panah pada motif ini dimaksudkan sebagai, pengendali anak panah (Ardhadhedhali) itu sendiri.

Ya, kita sebagai pengendali anak panah, kita harus bisa lebih bijak kapan waktunya menarik busur anak panah sebagai senjata kita dan kapan waktunya kita simpan di pundak kita.

Motif batik sarung Busur Ardhadhedhali Sarung Kanjeng ini ingin menyampaikan pesan kepada kita agar lebih berhati-hati dalam berucap, dalam melangkah, dalam bertindak, dan bahkan dalam berpikir. Kita tak semestinya semena-mena menggunakan anugerah yang telah Tuhan berikan baik berupa kesehatan jasmani, rohani, maupun kemampuan berpikir dan bersimpati.


Busur Ardhadhedhali merupakan motif sarung batik dari Sarung Kanjeng Denim yang sejatinya ketika dipakai bisa menambah daya kesadaran akan kehatian-kehatian. Sarung batik dengan motif original karya Sarung Kanjeng ini tidak diproduksi tanpa membawa misi apapun. Karena bagaimana pun, sebuah karya memang sudah seharusnya memiliki tujuannya sendiri.

Begitu pula dengan motif sarung batik Busur Ardhadhedhali Sarung Kanjeng ini dibuat sebagai pengingat, sebagai alarm. Semoga kita selalu diberi kesadaran akan bahayanya kita jika sembarangan menuduhkan sesuatu.

Lebih jauh, Ardhadhedhali itu sendiri juga merupakan senjata untuk membedakan mana musuh dan mana saudara. Kita tentu tak diperbolehkan melukai saudara kita. Dan, bagi Arjuna dalam kisahnya, panah Ardhadhedhali ini juga memiliki maksud agar Arjuna yang terkenal memiliki kemampuan menaklukkan dewi-dewi, agar Arjuna dapat membedakan mana dewi yang bisa dipersunting dan mana yang tidak karena memiliki hubungan darah dengannya.


Demikianlah. Semoga memberi sedikit gambaran penting tentang makna filosofi motif Busur Ardhadhedhali Sarung Kanjeng ini.

Silakan klik tautan berikut untuk mendapatkan Sarung Kanjeng Motif Busur Ardhadhedhali.
Baca juga:
Misi Kami


Kontak
0812-2728-1565
0812-2728-1565
admin@kanjengdenim.com
Desa Kwagean, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Indonesia, 51171
Social Media
Marketplace
Daftar Jadi Sedulur Kanjeng
`Seduluran
Copyright Kanjeng Denim