Filosofi Motif Talen Rasa Sarung Batik Kanjeng Denim

Sarung batik Sarung Kanjeng motif Talen Rasa (dibaca roso secara Jawa), terinspirasi dari aksara Ra dalam aksara jawa. Ia merupakan aksara spesial karena tidak bisa dipepet.

Aksara Ra dalam kaidah aksara jawa tidak bisa dipepet/dimatikan. Jika ia harus dimatikan maka ia harus berganti menjadi Pa Cerek alias aksara pengganti.


Ra merupakan simbol rasa, perasaan. Rasa, biar bagaimana pun memang tak seharusnya dipepet, diempet, atau dimatikan. Rasa harus diungkapkan, disampaikan, diutarakan. Agar tidak mengganjal di dada, rasa harus segera diutarakan.

Motif sarung batik Sarung Kanjeng Talen Rasa ini menggambarkan bahwa sebuah rasa yang kita miliki harusnya memang disampaikan. Rasa tidak semestinya didiamkan begitu saja. Rasa harus diungkapkan. Selama masih bernafas, rasa harus tetap hidup. Karena hanya yang tak bernyawa lah yang tak memiliki rasa.

Salah satu yang membedakan manusia dengan makhluk lain adalah manusia dianugerahi rasa. Anugerah ini sudah semestinya disyukuri dan dinikmati dengan sebaik-baiknya. Bagaimana caranya? Bisa dengan tidak memelihara rasa-rasa negatif seperti dengki, iri, sombong dan seterusnya.


Hati sebagai tempat berdiam dan munculnya rasa harus sering bersih dari sifat-sifat hewani. Hati harus dipertahankan dengan diisi rasa-rasa positif seperti sabar, tabah, penuh kasih sayang, welas asih, dan seterusnya. Perasaan-perasaan itulah yang akan membuat manusia memiliki derajat yang lebih tinggi dibanding makhluk lain.

Rasa yang tumbuh seperti kasih sayang dan cinta, kemudian perlu diungkapkan agar ia menjadi sesuatu yang memberi energi positif. Seorang yang memiliki rasa bisa mengungkapkannya dengan beragam ekspresi. Jika penyair menyampaikan rasa melalui puisi dan sajak-sajaknya, seorang ibu bisa mengungkapkan rasanya melalui merawat anak-anaknya dengan penuh kasih dan sayang. Lalu, bagaimana dengan seorang pria? Ia mestinya menyampaikan rasa dengan mendatangi perempuan yang disayanginya.

Setelah rasa kemudian diungkapkan, maka ikatlah ia dengan tali yang suci. Pertalian yang disaksikan oleh penghuni bumi dan langit. Pertalian suci yang didoakan dan diamini oleh banyak saksi. Karena begitulah seharusnya rasa diperlakukan oleh orang-orang berbudi.


Motif sarung batik Talen Roso Sarung Kanjeng merupakan motif paling sahih untuk dijadikan sebagai hadiah untuk kekasihmu. Ungkapkan rasamu padanya, buktikan kesetiaanmu, lalu ikatlah perasaanmu terhadapnya dengan pertalian suci agar ia menjadi doa terbaik bagi kehidupanmu.

Ingin memberi hadiah sarung batik Talen Rasa Sarung Kanjeng ini? Silakan pesan melalui unggahan kami tentang motif Talen Roso ini. Jangan lupa untuk menyelipkan sepatah dua patah kata sebagai bentuk ekspresi rasamu terhadapnya. Kami siap membantu.
Baca juga:
Misi Kami


Kontak
0812-2728-1565
0812-2728-1565
admin@kanjengdenim.com
Desa Kwagean, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Indonesia, 51171
Social Media
Marketplace
Daftar Jadi Sedulur Kanjeng
`Seduluran
Copyright Kanjeng Denim