Makna Motif Kawung Lintang Sarung Kanjeng Sarung Batik Penuh Makna

Dalam sejarahnya, batik motif kawung bermula dari kisah seorang pemuda yang terkenal dengan kebijaksanaannya. Suatu ketika pemuda ini dipanggil oleh seorang raja lantaran kemasyhuran namanya.

Sebelum mendatangi kerajaan, ia diberi "sangu" oleh ibunya berupa nasihat tentang kehidupan. Sang ibu berpesan agar anaknya itu tidak melupakan asal muasalnya. Jika kelak menjadi seorang penting di kerajaan, sang ibu tak mau anaknya menjadi seorang yang lupa diri.

Pesan itu, oleh sang ibu diwujudkan dalam bentuk kain batik yang dikenakan oleh anaknya menghadap sang raja. Motif kain batik tersebut diberi nama Kawung. Sang ibu berharap dengan filosofi makna kawung tentang selalu ingat asal muasalnya itu bisa terus dipegang teguh oleh puteranya.

Kawung Lintang adalah motif yang terinspirasi dari motif kawung itu sendiri.

Gambaran rupa kawung yang bentuknya terinspirasi dari buah kolang kaling dalam motif Kawung Lintang Sarung Kanjeng dikreasikan dari teknik terazzo (kepyuran bagai bintang-bintang atau lintang).


Sementara itu, unsur lain pada motif Kawung Lintang ada di bagian bawah. Yaitu berupa garis-garis lurus menyerupai pagar jeruji. Ia merupakan gambaran bahwa di samping mengingat dari mana asal muasal kita, kita perlu menjaga diri agar tidak tergoda oleh nafsu yang bisa menggoda kapan saja.

Pagar itulah yang semestinya menjadi pengingat agar manusia lebih sadar diri, lebih mawas diri, lebih mampu berpikir sebelum bertindak dan berkata.

Sarung Kanjeng motif Kawung Lintang adalah motif yang menggambarkan kewaspadaan akan hal-hal buruk baik dari dalam diri kita sendiri maupun dari luar. Kita perlu memiliki keteguhan memegang prinsip agar kita selamat dari nafsu hewani sehingga membuat kita lupa diri.

Jangan pernah lupakan dari mana asalmu, jangan pernah pula lupa siapa dirimu. Teruslah belajar menjadi manusia yang sadar diri, terus menjadi manusia yang ingat asal muasalnya.


Dengan memakai sarung batik motif Kawung Lintang Sarung Kanjeng, kami berharap sedulur bisa mampu menjadi manusia yang tak pernah melupakan dari mana asalnya.
Baca juga:
Misi Kami


Kontak
0812-2728-1565
0812-2728-1565
admin@kanjengdenim.com
Desa Kwagean, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Indonesia, 51171
Social Media
Marketplace
Daftar Jadi Sedulur Kanjeng
`Seduluran
Copyright Kanjeng Denim